Selasa, 15 Maret 2011

Nanamia Pizzeria, Traditional Pizza in Jogja

Satu lg tempat makan pizza di jogja. Nanamia Pizzeria, tempatnya di Jl. Mozes Gatotkaca B.13. Buat para penggemar pizza, tempat makan ini patut dicoba. Kenapa? Karena produk pizza di Nanamia Pizzeria beda bgt dibandingkan produk restoran waralaba pizza yg udah menjamur di mana2.

Kemaren sy nyoba menu ”Crane”, pizza dgn topping mozarella, potongan daging ayam, dan irisan tipis daging sapi. Rotinya tipiiiiiiiiiiiiiisss bgt, dgn ketebalan cuma sekitar 2 mm. Jadi, potongan pizzanya bisa dimakan dgn cara digulung, tanpa perlu diiris2 pake garpu-pisau.

Pinggirannya renyah, pas makan pun bisa kedengeran ”kriuk.. kriuuukk” dgn rasa cenderung tawar. Jadi kombinasi rasa pizzanya didapat dari topping, saus tomat, dan keju. Berbeda dgn Pizza H*t yg rotinya cenderung tebal, empuk dan pinggirannya bisa diisi dgn berbagai macam variasi isian.



See? tipis bgt kaaaan.. Konon katanya, pizza yg asli Italia justru malah yg tipis gini. Kalo pizza-nya tebel, berarti udah dimodifikasi utk menyesuaikan dgn lidah orang barat yg doyan makan roti.

Keunikan laen dari pizza Nanamia adalah dipanggang dalam oven tradisional, dgn bahan bakar kayu. Gak heran kalo pinggiran pizza-nya ada yg sedikit gosong, dan penyajiannya agak lama.


Di sini gak ada menu dgn ukuran personal (ukuran loyang kecil utk porsi 1-2 orang), adanya ukuran medium dan large. Utk ukuran medium, pizza dibagi jadi 6 potong. Kalo makan di Pizza H*t, pizza ukuran segitu utk 2 orang akan sangat mengenyangkan. Tapi di sini berhubung rotinya tipiiiiiis bgt, ga bikin eneg, jadi 6 potong pizza segede itu dihabiskan 2 orang pun ga masalah. Heheheeee.. dasarnya jg lg laper! :P

Selaen pizza, masih ada menu minuman dan dessert laennya. Utk makanan, ada spaghetti dan pasta. Utk desert, ada cake roll plus krim, ada jg es krim dgn lelehan coklat, dll. Sayangnya kemaren ga sempet nyoba 

Harga menu di Nanamia sebenernya ga beda jauh sama Pizza H*t. Sepotong pizza, harganya sekitar 35-50rb, tergantung ukuran (medium/large) dan topping. Ada juga pizza utk vegetarian lhooo.. kalo mw nambah keju jg bisa, tp harus nambah biaya lagi sekitar 12rb.

Sedangkan minuman kopi2an (latte, cappucino, mochacino) dan coklat dihargai 13-17rb, minuman yg dingin harganya lebih mahal 2rb dibanding yg panas. Kalo mw lebih murah lagi, ada minuman standar rumah makan (teh panas/es, jeruk panas/es, air mineral), cola, dan macem2 squash.

Utk tempat, memang agak sempit. Tapi dekorasinya boleh jg.. kursi dan mejanya terbuat dari kayu, dengan ruas2 lingkaran tahun yg masih terlihat jelas. Bahkan lantainya pun sebagian terbuat dari papan kayu utk mengesankan konsep ”tradisional”.


Di dinding sebelah barat, ada foto2 beberapa spot di italia. Belum lagi backsound lagu2 yg diputer adalah lagu2 berbahasa italia (ato latin ya?). Suasananya ”dapet” bgt kaaaan?

Cat dindingnya cukup mencolok : oranye! Secara ergonomi sih, emang warna oranye cocok utk restoran ato ruang makan, soalnya bisa meningkatkan nafsu makan. Sengaja dicat tidak merata, ky ada motif bercak2 gt. Mungkin utk menghindari kesan ”formil” seperti di rumah makan dgn interior modern.


Di pojok sebelah kanan (sebelah wastafel) ada satu toilet. Sebenernya toiletnya cukup kecil, gedean kamar mandi di rumah deh kayanya. tapiiiiii.. ditata cukup rapi, jadi nyaman pakenya.

Lantai toilet dipenuhi batu2 putih kecil2, dindingnya pun dari tembok bercat pink tua. Beda dgn toilet rumah makan modern yg biasanya lantai dan dindingnya dilapisi keramik. Di bagian atas salah satu dinding dikasih 2 pot tanaman kecil yg cukup terawat. Sementara di dinding seberangnya lagi, ada cermin besar yg cukup bwt melototin ujung rambut sampe ujung kaki.

Overall, puas bgt makan di sini. Tapiiiiiiiii, berhubung harganya jauuuuuuh di atas standar makan sehari2 sy, jadinya ga bisa sering2 ke sini deh.. heheeee..

Kalo mw berkunjung ke sini, jangan dateng sebelum jam 12 siang yaaaa. karena rumah makan ini baru buka mulai jam 12 siang, teng! Kemaren sy dateng jam 11.45, tempatnya sih udah buka, malah udah nyetel musik2 gitu. Tapi pas sampe di dalem.. tetoooooottt.. pelayannya belom stand by, eh pas pelayannya dateng, baru deh dikasih tau ”maaf mas, mbak.. kita baru buka jam 12 nanti”. JREEEEEEEEEEEEENGGG!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar